HP. 0856-4020-3369 / Merawat Sound System

Hello! Kali ini kami membawa tips tentang cara merawat sound system. Merawat 3 unit besar atau 3 bagian besar dari sound system itu sendiri, yaitu :


Merawat Sound System


1. Signal dan Power Amplifier Unit
Untuk unit signal dan power amplifier yang perlu dilakukan adalah menjaga agar kondisi ruang penyimpanan perlengkapan tersebut berada pada kondisi kering dan tidak berdebu. Usahakan untuk menjaga bagian dalam enclosure power amplifier dan signal unit tetap kering. Bisa dengan cara meletakkan kantung Silica Gel/desiccant untuk menyerap uap air agar tetap kering. Uap air akan menyebabkan korosi/karatan di bagian kaki-kaki komponen, bagian dalam kabel rangkaian dan trafo, dan korosi pada junction dan hubungan kabel dapat menyebabkan meningkatnya nilai tahanan/resistansi yang berpengaruh pada kualitas suara peralatan PA (Public Address) yang kurang prima.

2. Unit Speaker
Untuk speaker, mungkin dilakukan dengan menyalakan secara periodik seminggu sekali Loudspeaker untuk menjaga elastisitas membran speaker, cone dan karet-karet, serta Spider yang merupakan komponen penyusun speaker. Elastisitas ini akan dapat berubah saat speaker lama tidak dihidupkan karena kelembaban, dan udara akan dapat menyebabkan karakter material tersebut berubah sifat. Tingkat elastisitas karet dan serat penyusun membran speaker sangat dipengaruhi oleh kelembaban dan kondisi udara dalam ruang penyimpanan. Jika lama tidak dihidupkan, speaker yang terpengaruh oleh kondisi udara akan dapat menjadi kaku dan kehilangan elastisitas di membrane dan spider, sehingga berpengaruh pada kualitas suara yang kurang bagus (suara berat).

Untuk Box speaker yang terbuat dari particle wood diusahakan agar tidak diletakkan menempel langsung ke lantai karena akan terjadi kondisi lembab pada bagian bawah. Uap air mampu menimbulkan tumbuhnya jamur danjamur yang tumbuh di kayu box speaker akan mengurai ikatan antar partikel kayu yang telah terikat kuat oleh lem menjadi lemah dan akhirnya lepas-lepas dengan sendirinya. sebaiknya diletakkan dengan cara dialasi terlebih dahulu dengan kertas, karton, atau busa yang kering. Untuk bagian dalam speaker dapat diberi beberapa butir kapur barus/kamfer untuk menghindari adanya rayap dan semut.

3. Unit Kabel
Untuk unit kabel diusahakan mengadakan tempat penyimpanan dengan kadar kekeringan yang cukup untuk mencegah tumbuhnya jamur pada permukaan karet kabel. Biasanya jika kelembaban terlalu tinggi, akan tumbuh jamur berwarna keputih-putihan yang akan mengurangi elastisistas kabel. Jamur dapat mengakibatkan kabel menjadi kaku/kurang elastis dan rapuh. Yang lebih buruk lagi, kelembaban akan menyebabkan korosi yang parah pada bagian dalam kabel, hingga terlihat tembaga yang teroksidasi dan tampak berwarna hijau kehitam-hitaman.

Intinya hanya pengaturan kelembaban dan aerasi aja. Selamat mencoba. Semoga ada tambahan dari yang lain.


Sekian artikel cara merawat sound system dari kami, terimakasih bagi pembaca yang sudah mampir ke website kami dan mohon maaf bila ada banyak salah kata. Untuk anda yang ingin menyewa, Persewaan Sound System + Video Shooting : HUBUNGI Bpk. Eko Novianto 0856.4020.3369 (m3) /024 -764-844-13 (kantor) atau 0821.3867.4412 (simpati)

0 Response to "HP. 0856-4020-3369 / Merawat Sound System"

Post a Comment