HP. 0856-4020-3369 / Tips Menghemat Baterai Kamera

Disaat anda sedang berwisata dengan keluarga anda, namun anda lupa mengisi baterai kamera anda sehari sebelumnya. Padahal saat itu banyak sekali momen yang ingin anda abadikan dengan kamera anda. Tenang, kali ini kami membawa tips tentang cara menghemat baterai kemera digital. Berikut ini tipsnya: 

1. Gunakan Manual Fokus




Cara ini khusus bagi anda pemakai kamera DSLR atau mirrorless (selama kamera anda memiliki fitur manual fokus dan memiliki focusing ring di lensa). Perlu diingat bahwa saat autofokus aktif, maka setiap kali kita memencet tombol shutter release separuh kamera akan memerintahkan lensa untuk mencarai fokus dan secara mekanis lensa akan berputar mengunci titik fokus. Dengan mematikan sistem autofokus kamera, maka kita bisa membuat kamera berdiet listrik. Pastikan anda tahu cara menggunakan manual fokus.

2. Kurangi Penggunaan LCD




Kamera membutuhkan banyak energi listrik untuk menyaakan layar LCD yang ukurannya sekitar 3 inchi itu, untuk itu kalau anda tidak benar-benar membutuhkannya, jangan nyalakan layar LCD. Gunakan viewfinder untuk membidik dan tidak usah sering-sering mengecek hasil jepretan anda di layar LCD dan jangan gunakan live view.

3. Matikan Image Stabilizer/Vibration Reduction

Dengan mematikan IS/VR kita bisa memperpanjang konsumsi baterai sampai 20% lebih lama. Image stabilizer/vibration reduction membutuhkan banyak energi untuk menggerakkan elemen-elemen didalam lensa untuk memerangi shake sehingga foto lebih tajam. Memang sayang kalau fitur ini dimatikan, tapi jauh lebih sayang kalau kita mendadak harus berhenti memotret dan memasukkan kamera ke tas lalu pulang.

4. Naikkan ISO Dan Kurangi Flash




Built in flash yang ada di kamera akan sangat memboroskan baterai saat dipakai. Kalau prioritas anda sedang menghemat baterai, naikkan setting ISO supaya kebutuhan akan flash bisa dikurangi. Atau kita bisa mematikan flash sama sekali agar lebih hemat baterai lagi.

5. Memotret Lebih Selektif





Kalau sedang bekelimpahan sih kita bisa bebas saja memotret apapun yang kita pikir menarik, tanpa pandang bulu. Namun saat dituntut agar baterai bisa survive, memotretlah dengan lebih selektif. Pikirkan betul-betul apakah jepretan ini sesuai kriteria dan fokuslah pada apa yang benar-benar sesuai dengan tujuan utama.

6. Matikan Kamera Setiap Kali Selesai Memotret

Setiap kamera memiliki fitur auto turn off alias mati dengan sendirinya saat tidak dipakai. Jangan tunggu sampai mereka mati sendiri, setiap kali selesai memotret meski hanya satu jepretan, langsung matikan.

7. Matikan Sensor Cleaning




Beberapa kamera memiliki fitur bernama sensor cleaning, dan sensor ini akan aktif setiap kali kita menyalakan atau mematikan kamera. Matikan sensor cleaning dari dalam menu kamera sehingga setiap kali kita menyalakan dan mematikan kamera, mereka tidak akan diaktifkan sehingga lumayan bisa menghemat konsumsi baterai.

8. Matikan Auto Review





Baik kamera DSLR ataupun pocket memiliki fitur bernama auto review. Pada intinya setiap kali selesai mengambil foto, kamera akan menampilkan hasil jepretan anda di layar LCD untuk sekejap sehingga kita bisa mengamati hasil fotonya. Matikan fitur ini, cek buku manual anda untuk mengetahui cara mematikan fitur ini.

9. Turunkan Kecerahan Layar

Hal berikutnya yang cukup menguras kapasitas baterei adalah kecerahan layar kamera, terlebih bagi kamu  yang menggunakan kamera mirrorless, meskipun hal ini juga cukup terasa pada kamera DSLR. Turunkan kecerahan layar kamera untuk menghemat penggunaan baterei kamera kesayangan anda.

10. Matikan Fitur Yang Tidak Terlalu Penting

Ada beberapa fitur yang mungkin tidak terlalu penting bagi kamera, namun cukup berperan signifikan jika dimatikan guna menghemat daya. Fitur-fitur seperti lampu pemandu fokus, bunyi bip saat mengunci fokus, wi-fi, maupun beberapa lainnya. Tidak penting bukan artinya fitur ini tak berguna, namun dalam kondisi baterai kritis,silakan matikan fitur-fitur tadi guna menghemat baterai kamera anda.

Nah, demikian tips-tips bagaimana cara menghemat baterai kamera. Untuk Anda yang sedang membutuhkan kamera SLR bisa menyewa pada kami, kami sediakan canon 60D bisa paket standart dengan lensa KIT, batre 1 pcs, dan tripot, dengan harga, bisa juga paket tambahan dengan bonus flash lampu, double batre, tripot dengan harga 250.000,- 

Kalau sudah sewa, charger dan baterainya jangan lupa dibawa saat berjalan-jalan ya! :)

0 Response to "HP. 0856-4020-3369 / Tips Menghemat Baterai Kamera"

Post a Comment